Cari Blog Ini

Blog Archive

PERMATA Buka Pendaftarn Setiap Hari Mulai 08.00 - 14.00. WA 0812 5933 3340, 0813 3253 4445, 0856 4949 7779

Cheonggyecheon Sungai Yang Bersih di Seoul Korea Selatan



저는 어제 한국 친구와 같이 <청계천> 을구경하러 갔습니다. <청계천>은 서울 시내에 있는 하천인데, 1970년 쯤 시멘트를 덮어 도로로 만들었습니다. 그래서 30년 이상 그 위로 자동차가 지나다녔습니다. 그런데 2005년에 도로를 없애고 다시 하천으로 만들었습니다. 그래서 지금은 물을 볼 수 있게 되었습니다. 지금 <청계천>에는 맑은 물이 흐르고, 그 물에서 아이들이 놀고 있습니다. 그리고 그 주변을 아주 아름답게 만들어서 많은 사람들이 구경을 하러 옵니다.

(Saya kemarin telah melihat-lihat Sungai Cheonggyecheon dengan teman korea. Cheonggyecheon adalah sungai yang ada di Kota Seoul, tapi sekitar tahun 1970 telah dibangun jalan layang dan tertutup beton. Jadi dilewati oleh mobil diatasnya selama 30 tahun lebih. Tapi pada tahun 2005 telah dibangun sungai lagi dan menghilangkan/membongkar jalan. Jadi sekarang bisa melihat air. Sekarang Cheonggyecheon airnya mengalir dengan jernih, dan anak-anak bermain di air itu. Kemudian banyak orang-orang membuat di sekitar itu menjadi sangat indah dan datang untuk melihat-lihat). 


flickr.com


Kalimat diatas adalah contoh soal Tes EPS TOPIK yang ada di bank soal terbitan HRD Korea tahun 2008. Dulu pada tahun 2008, penulis agak kesulitan menjelaskan secara gamblang soal ini pada peserta pelatihan Bahasa Korea di LPK PERMATA. Karena saat itu informasi tentang Cheonggyecheon masih minim di dunia maya. Kalau ada pun, kebetulan penulis masih pegang HP jadul, jadi tidak bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya. Penulis pernah tinggal di Korea selama 6 tahun, tapi karena pulang pada tahun 2003 jadi Cheonggyecheon masih tertutup oleh jalan layang. Nah untuk membayar penjelasan yang belum tuntas tersebut, penulis mencoba untuk membuat artikel ini.


seoulsolution.kr

Selain Sungai Han yang menjadi kebanggaan masyarakat korea, di Seoul ada sungai cheonggyecheon (청계천) yang mempunyai sejarah unik bagi warga Seoul.

Sungai cheonggyecheon adalah sungai kecil nan cantik ditengah Kota Seoul. Sungai ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting drama korea, tempat bermain anak-anak, pengambilan foto, jalan-jalan santai, dan tempat pelepas lelah para wisatawan. 

id.wikipedia.org

Dulunya sungai ini menjadi symbol kemiskinan di Korea. Karena sewaktu selesai perang Korea pada tahun 1950-1953, banyak penduduk korea yang mencoba peruntungan untuk merubah perekonomian mereka dengan pergi ke Seoul. Dan menjadikan sepanjang sungai cheonggyecheon sebagai tempat bermukim, melakukan aktifitas sehari-hari seperti mandi, mencuci, juga untuk membuang sampah atau buang air besar. Selain itu terdapat beberapa jembatan yang dibangun melintasi Cheonggyecheon dan para pedagang kakilima biasanya berjualan di sekitar jembatan-jembatan tersebut. Jadilah wilayah ini menjadi daerah kumuh selama bertahun-tahun. 
 kimchicrew.com

Pada tahun 1958, Pemerintah Seoul mengambil kebijakan untuk merelokasi warga ke tempat lain, dan menutup sungai ini dengan membangun jalan layang (Cheonggye Overpass) tepat di atasnya. Jalan layang selesai dibangun pada tahun 1976 dengan panjang 5,6 kilometer dan lebarnya 15 meter. Kebijakan ini dipandang tepat karena bisa mengatasi peningkatan arus lalu lintas. Dengan beroperasinya jalan layang cheonggyecheon, Kota Seoul memasuki masa industrialisasi dan menjadi kota modern. Walaupun airnya masih mengalir, Sungai Cheonggyecheon hilang sejenak dari pandangan Warga Seoul.

Baca Juga : Keajaiban Sungai Han di Korea Selatan

Pada tahun 2003 muncul kesadaran baru untuk menjadikan Sungai Cheonggyecheon sebagai bagian dari sejarah, budaya dan kehidupan Seoul dengan membuat kebijakan Cheonggyecheon Restoration Project. Proyek ini bertujuan untuk menjadikan Seoul sebagai kota yang ramah lingkungan dengan menselaraskan alam dan manusia, menciptakan keseimbangan pembangunan di wilayah utara dan Selatan sungai Han yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas budaya dan ekonomi kehidupan Masyarakat Seoul. 
koreamarket2018.com

Kebijakan Walikota Seoul, Lee Myung Bak ini banyak menuai pertentangan dan kritik. Karena harus merobohkan jalan layang yang telah digunakan selama 30 tahun. Proyek senilai 900 juta dolar ini penyelesaiannya memerlukan waktu dua tahun tiga bulan, dimulai bulan Juli 2003 sampai bulan Oktober 2005. Saat ini dibuka untuk publik dan menjadi destinasi populer bagi masyarakat setempat dan turis secara gratis. 
danbinews.com

Perubahan baru Sungai Cheonggyecheon mulai terlihat. Di sisi kanan dan kiri sungai dibangun jalan sebagai tempat  warga berjalan kaki. Sebanyak 22 jembatan juga dibangun melintasi sungai kecil ini. Pada event tertentu ada juga festival yang diselenggarakan di Sungai Cheonggyecheon. Kawasaan ini tidak hanya memberi ruang publik bagi pejalan kaki, namun juga membawa kembali air dan tumbuhan ke tengah kawasan metropolitan. 

Baca Juga :  Arti Bendera Korea Selatan

Sungai Cheonggyecheon adalah karya nyata buah dari keseriusan Pemerintah Korea untuk mengubah image kotanya menjadi lebih baik. Tentu saja hal ini juga dibarengi dengan kerjasama Warga Korea untuk mendukung dan turut serta menjaga nilai budaya, sejarah serta kenyamanan tempat tinggalnya. Kesuksesan Pemerintah Korea dalam membangun kembali Sungai Cheonggyecheon perlu dijadikan inspirasi oleh-negara-negara lainnya.Terutama daerah-daerah yang dilalui oleh sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar