Cari Blog Ini

Blog Archive

PERMATA Buka Pendaftarn Setiap Hari Mulai 08.00 - 14.00. WA 0812 5933 3340, 0813 3253 4445, 0856 4949 7779

Arti Bendera Korea Selatan



Sekalipun hanya sebuah benda, nyatanya di seluruh dunia, bendera diakui punya makna mendalam bagi sebuah komunitas, baik kecil maupun besar. Bendera biasanya dibuat secara sarat makna. Keberadaannya menjadi simbol yang merepresentasikan ideologi, kepribadian, tujuan, cita-cita hingga semangat serta kedaulatan. Karena menjadi salah satu lambang, bendera tidak bisa dianggap remeh.


Baca Juga : Keajaiban Sungai Han di Korea Selatan

Bendera Korea Selatan adalah Taegeukgi (태극기). Bendera ini memiliki tiga bagian: latar belakang putih melambangkan kedamaian dan kemurnian, di tengah-tengahnya merah dan biru berasal dari filosofi yin dan yang melambangkan keseimbangan alam semesta. Biru melambangkan kekuatan kosmik negatif, sedangkan warna merah melambangkan kekuatan kosmik positif. 


Ada empat trigram di tiap sudut. Trigram yang berada di pojok kiri atas dinamakan geon (건) yang bermakna keadilan, trigram yang berada di pojok kanan atas dinamakan ri (리) yang bermakna pencapaian, trigram yang berada di pojok kanan bawah dinamakan gam (감) yang bermakna kebijaksanaan, sedangkan trigram yang berada di pojok kanan bawah dinamakan gon (곤) yang bermakna daya hidup.


Baca Juga : Cheonggyecheon Sungai Yang Bersih di Seoul Korea Selatan

Sejarah terbentuknya bendera Korea Selatan sangat panjang. Namun Taegeukgi digunakan sebagai bendera nasional pada tanggal 27 Januari 1883 oleh Pemerintah Joseon.


Melalui peraturan Presiden tentang spesifikasi standar bendera Korea Selatan diundangkan pada Oktober 1997, dan spesifikasinya disetujui oleh UU Bendera Nasional pada tahun 2007. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar