Cari Blog Ini

Blog Archive

PERMATA Buka Pendaftarn Setiap Hari Mulai 08.00 - 14.00. WA 0812 5933 3340, 0813 3253 4445, 0856 4949 7779

Kimchi Makanan khas Korea Yang Menyehatkan


Salah satu makanan tradisional Korea adalah Kimchi (김치). Makanan ini terbuat dari berbagai macam sayuran diantaranya sawi putih (배추), wortel (당근), lobak (무), timun (오이),  yang kemudian dibumbui dengan udang krill, kecap asin, jahe, bubuk cabe merah, dan bawang putih lalu kemudian difermentasi selama berbulan-bulan.


homeremedyhacks.com

Kimchi selalu dihidangkan sebagai salah satu jenis lauk pauk (반찬) di Korea. Juga digunakan sebagai bumbu untuk memasak sup kimchi (김치 국), sayur kimchi (김치 찌개), nasi goreng kimchi (김치 볶음밥), sebagai campuran Kimchi Pancake (김치전), dan berbagai masakan lain.

Menurut Wikipedia, pada awalnya Kimchi adalah asinan berwarna hijau sewaktu cabai belum dikenal di Korea. Setelah dicampur dengan garam, sayuran seperti kubis dimasukkan ke dalam guci tanah liat dan dipendam di dalam tanah sebagai persediaan makanan sewaktu sayuran segar tidak tersedia di musim dingin.

Cabai dikenalkan oleh pedagang Portugis pada tahun 1549 sewaktu menyeberang di Jepang dan Korea, 200 tahun kemudian cabai digunakan sebagai bahan membuat kimchi.


blog.daum.net

Jenis-Jenis Kimchi


Nama Kimchi disebutkan berdasarkan bahan dasar utamanya. Sampai saat ini Kimchi di Korea ada banyak jenisnya. Seperti contohnya Baechu Kimchi (배추 김치) yang terbuat dari kubis, kemudian ada Kkakttugi (깍뚜기) yang terbuat dari lobak, Oi Subagi (오이 수바기) adalah kimchi dari timun dan masih banyak lagi. Namun yang paling popular adalah kimchi yang terbuat dari sawi putih (추 김치).

Di korea, Kimchi biasanya di masak dengan bumbu khas kimchi yaitu Gochujang (고추장). Gochujang ini adalah salah satu pasta cabai asli yang berasal dari Korea. Sebagian besar merek Gochujang tidak mempunyai label halal, sehingga bisa diganti dengan cabai bubuk kering untuk memperoleh sensasi pedasnya.


blog.naver.net

Kimchi Makanan Tersehat di Dunia

Setelah kepopulerannya tersebar ke seluruh dunia. Kimchi kemudian disebut-sebut sebagai salah satu makanan tersehat didunia. Karena terbuat dari berbagai macam sayuran yang berserat tinggi, namun rendah kalori. Disebutkan pada majalah terkenal ‘Health’, Kimchi menjadi satu dari lima makanan tersehat di dunia.

Kimchi adalah makanan yang sangat direkomendasikan karena mengandung nilai nutrisi yang sangat tinggi. Kimchi juga mengandung banyak vitamin A, B1, B2, kalsium, zat besi, dan mineral setelah proses fermentasi.

Tidak hanya itu, bakteri baik laktobacilus juga muncul. Bakteri ini berperan dalam proses fermentasi kimchi yang menghasilkan asam laktat dengan kadar yang lebih tinggi daripada yogurt. Bakteri yang satu ini membantu pencernaan dan mencegah kanker.

Manfaat lainnya adalah bisa mengatur kolesterol, bersifat antioksidan sebagai perlindungan bahaya radikal bebas, mengurangi resiko stroke dan serangan jantung, menurunkan berat badan, dan anti penuaan.

Cara Membuat Kimchi

1. Cuci sawi sampai bersih, lalu tiriskan.

2. Taburi setiap helai sawi yang sudah dicuci bersih dengan secukupnya garam sampai rata. Sedangkan untuk bagian pangkal sawinya diberi taburan garam yang sedikit lebih banyak.


3. Letakkan sawi-sawi yang sudah ditaburi garam tersebut kedalam wadah yang berukuran besar (Gunakan wadah yang terbuat dari bahan yang tidak bereaksi terhadap garam seperti baskom plastik dan lain sebagainya).


4. Diamkan selama 2 jam.


5. Sawi yang ditaburi garam dan didiamkan tersebut akan mulai berair dan lebih menciut berbeda dari sebelumnya (Jika sudah begitu berarti kimchi sudah setengah jadi).


6. Ambil sawi yang sudah didiamkan selama 2 jam tersebut lalu siram dengan air mengalir sampai bersih sampai taburan garam yang masih menempel terbawa air. Kemudian Sisihkan.


7. Jika adonan pasta sudah jadi, lanjut ke langkah berikutnya.


8. Lapisi tangan dengan sarung plastik lalu lumuri setiap lembar sawi dengan pasta kimchi sampai merata.


9. Simpan sawi yang telah diberi lumuran pasta kimchi ke dalam toples berukuran besar dan tutup. Diamkan selama 2 hari (tahap fermentasi untuk menghasilkan kuliner kimchi ala korea).


10. Setelah 2 hari, buka toples dan kimchi siap untuk dihidangkan.



Selamat mencoba.

Kalau sudah siap dihidangkan, silahkan bawa ke Kantor LPK PERMATA yang ada di Jalan Raya balen Nomor 71 Balen, Bojonegoro.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar