Cari Blog Ini

Blog Archive

PERMATA Buka Pendaftarn Setiap Hari Mulai 08.00 - 14.00. WA 0812 5933 3340, 0813 3253 4445, 0856 4949 7779

Sertifikat Penambah Poin dalam Tes EPS TOPIK





Sesuai dengan Pengumuman BNP2TKI No: PENG. 99 /PEN-PPP/IV/2018 tentang Rencana Pra Pendaftaran Program G to G Ke  Korea CBT Umum Sektor Manufaktur  Dengan Sistem Poin Tahun 2018, sistem penilaiannya tidak hanya terbatas pada kemampuan Bahasa Korea saja.


 

Ada beberapa nilai plus bila calon pendaftar mempunyai beberapa sertifikat seperti berikut, 

- Sertifikat Pengalaman Kerja minimal 1 tahun atau lebih yang terkait dengan 26 jenis pekerjaan sektor manufaktur (terlampir), dengan nilai poin 3.

- Sertifikat Pelatihan Kejuruan sektor manufaktur (salah satu atau lebih dari 26 jenis pekerjaan) dengan lama pelatihan 120 jam pelatihan atau lebih, atau Ijazah SMK yang terkait bidang manufaktur dengan nilai poin 1.

- Sertifikat Nasional atau Sertifikat Kompetensi bidang manufaktur yang dikeluarkan oleh LSP/BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau lembaga yang diberikan mandat untuk itu, dengan nilai poin 1.

Nilai Total yang akan didapat peserta Tes EPS TOPIK CBT Sektor Manufaktur Untuk Umum /Pemula adalah,
- Tes Tulis  100 poin.
- Tes Skill   95 poin.
- Sertifikat Pengalaman Kerja   3 poin.
- Sertifikat Pelatihan Kejuruan   1 poin.
- Sertifikat Kompetensi / Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja  1 poin.


Ketiga Sertifikat tersebut bersifat tidak wajib.  Namun bila peserta pernah bekerja di sebuah perusahaan terkait dan belum mendapatkan sertifikat bisa segera mengajukan ke pimpinan perusahaan.

Bagi yang tidak punya sertifikat diatas, harus memaksimalkan diri untuk mendapatkan poin tertinggi pada Tes Tulis dan Tes Skill. 

Awali dengan kejujuran dan tidak perlu memalsukan ketiga sertifikat tersebut dengan harapan mendapatkan poin tambahan. Bila ketahuan panitia saat verifikasi data, maka peserta bisa mendapatkan sanksi terberat yakni tidak bisa mengikuti tes EPS TOPIK.

Ketiga sertifikat diatas akan dicek saat verifikasi data. Bila tidak memenuhi persyaratan, atau tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dipilih, maka sertifikat tersebut dianggap tidak ada dan tidak mendapatkan poin tambahan.

 
Persyaratan Tes EPS TOPIK CBT Sektor Manufaktur Untuk Umum /Pemula

1. Kualifikasi Umum
  • Usia 18 – 39 tahun saat mendaftar Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
  • Tidak buta warna (total atau parsial) dibuktikan dengan surat keterangan dokter 
Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir).
  • Tidak cacat jari atau amputasi.
  • Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
  • Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
  • Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah Republik Korea.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
  • Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  • Memiliki nomor rekening tabungan atas nama pribadi yang masih aktif.
  • Tidak pernah bekerja di Korea Selatan 5 tahun atau lebih, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10.
2.  Persyaratan Dokumen:
  1. Scan KTP yang masih berlaku.
  2. Scan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun (jika ada).
  3. Scan pasfoto terbaru berukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih (terlihat dahi, telinga, tidak berkacamata, dan diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).
  4. Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  5. Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.
  6. Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna

Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir).
 
Sampai tahun 2017, Tes EPS TOPIK CBT Sektor Manufaktur Untuk Umum / Pemula dengan menggunakan sistem PBT (Paper Based Test).

Namun tahun 2018 ini, ada wacana perubahan sisten dari Tes PBT menuju Tes CBT (Computer Based Test). Perubahan ini berlaku juga beberapa negara lain yang mengirim tenaga kerjanya ke Korea Selatan.


Tes menggunakan kertas atau menggunakan komputer bukanlan perbedaan yang mendasar. Hal terpenting menghadapi tes adalah, calon peserta harus segera menyiapkan diri dengan banyak membaca buku soal-soal, mencari kata kunci dari setiap soal, menghafal kosa kata, dan mengulang materi ke LPK tempat asal belajar.

Tak kalah penting dari itu semua adalah, merapikan ibadah harian, minta doa orang tua, banyak berdoa, banyak bersedekah dan selalu yakin akan pertolongan Tuhan.

Siapkan diri, optimis menyambut Kesuksesan

열심히 공부하면 하늘도 움직이다
Dengan Rajin Belajar, Langitpun Akan Bergetar

WA PERMATA 0812 5933 3340
Facebook  permata.hagwon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar