Cari Blog Ini

Blog Archive

PERMATA Buka Pendaftarn Setiap Hari Mulai 08.00 - 14.00. WA 0812 5933 3340, 0813 3253 4445, 0856 4949 7779

Info kerja ke Korea di Bojonegoro

Perekonomian di Korea Selatan yang mengalami peningkatan dengan pesatnya di berbagai sektor, menyebabkan Korea Selatan menjadi primadona bagi calon TKI untuk mencari lowongan pekerjaan di sana.

Dalam perkembangannya ternyata tidak hanya Indonesia yang mengirimkan pekerjanya ke negeri ginseng tersebut. Tapi ada 16 negara yang ikut meramaikan bursa kerja di sana. Negara tersebut diantaranya adalah Cina, Tailand, Indonesia, Vietnam, Pilipina, Mongolia, Kamboja, Pakistan, Banglades, Nepal, Myanmar, Uzkekistan, Srilangka, Timor Leste, Kyrgystan, dan Laos.

Langkah awal proses kerja di Korea Selatan adalah kursus Bahasa Korea. Pemahaman bahasa diperlukan untuk mengikuti tes Bahasa Korea dan bekal komunikasi disana.

Baca juga : Tempat Kursus Bahasa Korea

Langkah kedua adalah mengikuti tes bahasa. Calon TKI tujuan Korea harus mengikuti tes EPS TOPIK yang berupa tes tulis dan tes skill.

1. Syarat mengikuti tes adalah pria/wanita usia 18 tahun sampai 39 tahun.
2. Minimal lulusan SMP
3. Sehat (tidak buta warna, tidak punya penyakit TBC, Hepatitis, dan penyakit kelamin) yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari puskesmas atau rumah sakit.
4. Mempunyai buku rekening bank.
5. Memiliki KTP.

Baca juga : Tes EPS TOPIK


Langkah ketiga adalah melengkapi data-data yang diperlukan untuk dikirim ke HRD Korea. Bagi calon TKI Korea yang lulus diwajibkan melengkapi data berupa Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit atau klinik yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan, Paspor, Izin Keluarga, Kartu Pencari Kerja atau AK 1, dan Sertifikat Kelulusan Bahasa Korea dar HRD Korea.


Langkah keempat adalah pengiriman data secara online ke BNP2TKI.


Langkah kelima adalah memantau perkembangan data sampai turunnya surat kontrak.


Langkah keenam adalah mengikuti preliminary ketika surat kontrak sudah turun dan mendapatkan panggilan prelim dari BNP2TKI. Tambahan data saat prelim adalah SKCK dari POLDA setempat.


Langkah ketujuh adalah terbang ke Korea Selatan ketika sudah mendapatkan jadwal penerbangan.

Sesampainya di Korea Selatan TKI Korea akan mendapatkan pelatihan persiapan kerja selama 3 hari. Di hari terakhir jadwal yang harus mereka lakukan adalah pengecekan kesehatan dan penjemputan dari pihak perusahaan sesuai yang tencantum pada surat kontrak kerja.

Gaji TKI Korea saat ini pada kisaran 15 juta sampai dengan 30 juta tergantung banyaknya lembur yang mereka kerjakan. Kerja di Korea Selatan bisa dijalani selama 4 tahun 10 bulan dan bisa kembali lagi kerja di perusahaan Korea bila mendapatkan rekomendasi dari pabrik tempat bekerja.


Jika TKI Korea mampu memanagemen keuangan dengan baik selama bekerja disana, maka mereka akan menjadi TKI yang sukses dan mampu mewujudkan impian-impiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar